METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA
INGGRIS MI
“Lesson Plan”


|
Activities
|
Description Activities
|
Time
|
|
Pre-activities
|
1.
Guru membuka
pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.
Guru meminta
salah seorang siswa untuk memimpin do’a.
3.
Guru
melakukan apersasi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan
pembelajaran inti.
4.
Guru
memberimotifasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
5.
Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan
apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang
sederhana dan dapat di pahami. Dan saat menjelaskan tidak hanya terfokuskan
pada buku, tapi terhadap peserta didik juga, agar pelaksanan pembelajaran
menjadi aktif dan efektif
|
5
Menit
|
|
Whilest activities
|
1.
Guru
menyampaikan materi tentang anggota keluarga terhadap semua pesetra didik di
dalam kelas
2.
Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok
3.
Setiap
ketua kelompok di panggil untuk maju kedepan menghadap guru
4.
Guru
menjelaskan materi yang akan didiskusikan dan memberikan kertas sebagai bahan
untuk diskusi setiap perkelompok
5.
Ketua
kelompok kembali ke kelompok masing masing lalu menjelaskan kembali materi
yang telah di jelaskan oleh guru (menjelaskan ulang) terhadap anggotanya
masing masing (berdiskusi). Diberi waktu kurang lebih 10 menit.
6.
Kemudian
masing masing diberikan lembar kerja (kertas kosong) untuk menulis pertanyaan
apa yang menyangkut dari materi tersebut dan di sertai jawabannya, namun
jawaban di tulis di kertas yang berbeda.
7.
Kemudian
kertas pertanyaan di buat seperti bola lalu lemparkan dari satu siswa kesiswa
yang lain.
8.
Setelah
siswa telah mendapatkan bola pertanyaan, lalu guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang ditulis dalam kertas yang
berbentuk bola tersebut.
9.
Kemudian
siswa yang memiliki pertanyaan tersebut menjawab benar atau salah dari
jawaban penerima.
10.
Setelah melakukan kegiatan pembelajaran, siswa mampu mengetahui secara garis
besar dengan benar dari pembahasan materi.
11.
Guru memberikan penjelasan. Dan guru membenarkan jika ada
pemahaman yang salah. Dan diberi kesimpulan bersama. Dari guru dan siswa.
12.
Selanjutnya Guru memberikan tugas untuk pertemuan yang akan datang
tentang materi yang akan disampaikan pertemuan selanjutnya.
|
20
Menit
|
|
Post-activities
|
1.
Siswa
bersama-sama guru membuat rangkuman atau simpulan dari kegiatan hari ini.
2.
Guru meminta
seorang siswa memimpin doa.
3.
Guru mengucapkan salam dan meninggalkan kelas.
|
5
Menit
|
|
No.
|
Sikap
|
Belum
Terlihat
|
Mulai
Terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
Ket.
|
|
1
|
Percaya Diri
|
|||||
|
2
|
Teliti
|
|||||
|
3
|
Santun
|
|
No.
|
NAMA
|
Sikap
|
Ket.
|
||
|
1
|
2
|
3
|
|||
|
1
|
|||||
|
2
|
|||||
|
3
|
|||||
|
4
|
|||||
|
5
|
|||||
|
No.
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
|
Ya (√)
|
Tidak (√)
|
||
|
1.
|
Mampu
mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
2.
|
Mampu
menjawab pertanyaan teman
|
|
|
|
No.
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
|
Tercapai
(√)
|
Belum
Tercapai
(√)
|
Terlihat
(√)
|
Belum
Tercapai
(√)
|
||
|
1.
|
Anisa
|
|
|
|
|
|
2.
|
Bayu
|
|
|
|
|
|
3.
|
Beni
|
|
|
|
|
|
4.
|
Udin
|
|
|
|
|
|
5.
|
Dan
seterusnya
|
|
|
|
|
|
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Cukup
|
Berlatih kembali
|
|
Mendengar
|
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
|
Mendengarkan
teman yang berbicara namun
sesekali
masih perlu
diingatkan.
|
Masih perlu
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
|
|
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, ekspresi
wajah, suara)
|
Merespons dan
menerapkan
komunikasi non verbal dengan
tepat.
|
Merespons
dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang
ditunjukkan
teman.
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non verbal
yang
ditunjukkan
teman.
|
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Isi gagasan
menginspirasi
teman. Selalu mendukung dan
memimpin
lainnya saat diskusi.
Merespons
sesuai
dengan topik
|
Merespons
sesuai
dengan topik.
Isi gagasan
kurang
Menginspirasi
teman
|
Jarang
berbicara
selama proses
diskusi
berlangsung.
|
|
Keruntutan
Berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya
secara
runtut dari
awal hingga akhir.
|
Menyampaikan
pendapatnya
secara
runtut,
tetapi belum
konsisten.
|
Masih perlu
berlatih untuk berbicara secara runtut.
|