METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA
INGGRIS MI
“Lesson Plan”

DISUSUN OLEH :
MARGIANTI (13270058)
DOSEN PENGAMPU :
NYAYU YAYU SURYANI, M.Pd.
FAKULTAS TARBIYAH
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH
PALEMBANG
LESSON PLAN
School : SD N 1 PURWOSARI
Subject : English
Class/Semester : II/1
Time : 1 x 30 minutes
I.
Standard
Competence
Mendengarkan
·
Siswa
diharapkan memahami tentang anggota keluarga
Berbicara
·
Siswa
diharapkan mengungkapkan informasi tentang
anggota
keluarga
Membaca
·
Siswa
diharapkan memahami tulisan bahasa Inggris dan
mempunyai kemampuan membaca nyaring dan memahami arti tentang anggota keluarga
Menulis
·
Mengeja dan
menyalin tulisan bahasa Inggris tentang
anggota
keluarga
II.
Based
Competence
·
Merespon dengan
mengulang kosakata atau kalimat baru yang berkenaan dengan nama-nama anggota keluarga
·
Bercakap-cakap untuk
menyertai tindakan yang melibatkan siswa: menanyakan dan memberi informasi tentang nama-nama
anggota keluarga
·
Membaca nyaring dengan
ucapan, tekanan, dan intonasi yang tepat tentang anggota keluarga
·
Memahami tulisan dari nama-nama anggota keluarga secara tepat
III.
Indicator
·
Siswa dapat
mengidentifikasi nama-nama anggota keluarga yang diperdengarkan
·
Siswa dapat melafalkan
nama-nama anggota keluarga
·
Siswa dapat bertanya
jawab tentang nama-nama anggota keluarga dengan pengucapan, lafal, dan intonasi yang tepat.
·
Siswa dapat menuliskan
nama-nama anggota keluarga dengan ejaan yang tepat dan benar
IV.
Activities
Activities
|
Description Activities
|
Time
|
Pre-activities
|
1.
Guru membuka
pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.
Guru meminta
salah seorang siswa untuk memimpin do’a.
3.
Guru
melakukan apersasi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan
pembelajaran inti.
4.
Guru
memberimotifasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
5.
Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan
apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang
sederhana dan dapat di pahami. Dan saat menjelaskan tidak hanya terfokuskan
pada buku, tapi terhadap peserta didik juga, agar pelaksanan pembelajaran
menjadi aktif dan efektif
|
5
Menit
|
Whilest activities
|
1.
Guru
menyampaikan materi tentang anggota keluarga terhadap semua pesetra didik di
dalam kelas
2.
Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok
3.
Setiap
ketua kelompok di panggil untuk maju kedepan menghadap guru
4.
Guru
menjelaskan materi yang akan didiskusikan dan memberikan kertas sebagai bahan
untuk diskusi setiap perkelompok
5.
Ketua
kelompok kembali ke kelompok masing masing lalu menjelaskan kembali materi
yang telah di jelaskan oleh guru (menjelaskan ulang) terhadap anggotanya
masing masing (berdiskusi). Diberi waktu kurang lebih 10 menit.
6.
Kemudian
masing masing diberikan lembar kerja (kertas kosong) untuk menulis pertanyaan
apa yang menyangkut dari materi tersebut dan di sertai jawabannya, namun
jawaban di tulis di kertas yang berbeda.
7.
Kemudian
kertas pertanyaan di buat seperti bola lalu lemparkan dari satu siswa kesiswa
yang lain.
8.
Setelah
siswa telah mendapatkan bola pertanyaan, lalu guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang ditulis dalam kertas yang
berbentuk bola tersebut.
9.
Kemudian
siswa yang memiliki pertanyaan tersebut menjawab benar atau salah dari
jawaban penerima.
10.
Setelah melakukan kegiatan pembelajaran, siswa mampu mengetahui secara garis
besar dengan benar dari pembahasan materi.
11.
Guru memberikan penjelasan. Dan guru membenarkan jika ada
pemahaman yang salah. Dan diberi kesimpulan bersama. Dari guru dan siswa.
12.
Selanjutnya Guru memberikan tugas untuk pertemuan yang akan datang
tentang materi yang akan disampaikan pertemuan selanjutnya.
|
20
Menit
|
Post-activities
|
1.
Siswa
bersama-sama guru membuat rangkuman atau simpulan dari kegiatan hari ini.
2.
Guru meminta
seorang siswa memimpin doa.
3.
Guru mengucapkan salam dan meninggalkan kelas.
|
5
Menit
|
V.
Media
1. Kertas origami
2. Papan tulis dan spidol
3. Karton
4. Gambar anggota keluarga
VI.
Materi
FAMILY
Kakek : Grandfather
Nenek : Grandmother
Ayah : Father
Ibu : Mother
Anak laki-laki :
Son
Anak perempuan :
Daughter
Paman : Uncle
Tante : Aunt
Saudara laki-laki : Brother
Saudara Perempuan : Sister
Sepupu : Cousin
Cucu :
Grand Child
Story about a FAMILY
My name is Boby, I have father and mother,
father’s name is Robet, mother’s name is Isabela and I have grandfather and
grandmother. Grandfather’s name is Robin and grandmother’s name is Maria. I
have brother and sister. Brother’s name is Ruben and sister’s name is sella. We
area big family.
VII.
Method
1.
Ceramah
2.
Tanya Jawab
3.
Diskusi
4.
Snowball Throwing
VIII.
Asessment
1. Penilaian Sikap
No.
|
Sikap
|
Belum
Terlihat
|
Mulai
Terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
Ket.
|
1
|
Percaya Diri
|
|||||
2
|
Teliti
|
|||||
3
|
Santun
|
Catatan : centang (√ ) pada
bagian yang memenuhi kriteria
Lembar penilaian
sikap
No.
|
NAMA
|
Sikap
|
Ket.
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
Ket :
1 = Percaya Diri BT
= Belum Terlihat
2 = Teliti MT
= Mulai Terlihat
3 = Santun MB
= Mulai Berkembang
M
= Membudaya
2.
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
mengajukan pertanyaan dengan daftar periksa
No.
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya (√)
|
Tidak (√)
|
||
1.
|
Mampu
mengajukan pertanyaan
|
||
2.
|
Mampu
menjawab pertanyaan teman
|
||
Hasil penilaian
mengajukan pertanyaan dengan daftar periksa
No.
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
Tercapai
(√)
|
Belum
Tercapai
(√)
|
Terlihat
(√)
|
Belum
Tercapai
(√)
|
||
1.
|
Anisa
|
||||
2.
|
Bayu
|
||||
3.
|
Beni
|
||||
4.
|
Udin
|
||||
5.
|
Dan
seterusnya
|
||||
3. Rubrik Diskusi
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Cukup
|
Berlatih kembali
|
Mendengar
|
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
|
Mendengarkan
teman yang berbicara namun
sesekali
masih perlu
diingatkan.
|
Masih perlu
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
|
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, ekspresi
wajah, suara)
|
Merespons dan
menerapkan
komunikasi non verbal dengan
tepat.
|
Merespons
dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang
ditunjukkan
teman.
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non verbal
yang
ditunjukkan
teman.
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Isi gagasan
menginspirasi
teman. Selalu mendukung dan
memimpin
lainnya saat diskusi.
Merespons
sesuai
dengan topik
|
Merespons
sesuai
dengan topik.
Isi gagasan
kurang
Menginspirasi
teman
|
Jarang
berbicara
selama proses
diskusi
berlangsung.
|
Keruntutan
Berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya
secara
runtut dari
awal hingga akhir.
|
Menyampaikan
pendapatnya
secara
runtut,
tetapi belum
konsisten.
|
Masih perlu
berlatih untuk berbicara secara runtut.
|
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : total nilai : 12 X 10
Contoh : 2+3+1+2: 12x10=6,7
Tidak ada komentar:
Posting Komentar