Minggu, 07 Juni 2015

Rencana Pelaksanaan pembelajaran



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL


DISUSUN OLEH :

JUPERAYANA    (13270049)

DOSEN PENGAMPU :
YULIA TRI SAMIHA, M.Pd.I

FAKULTAS TARBIYAH
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH
PALEMBANG
2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan   :    MI
Mata Pelajaran          :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester         :    IV/1
Materi Pokok            :    Sumber Daya Alam
Pembelajaran Ke      :    1 (satu)
Alokasi Waktu         :    1x Pertemuan

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam beinteraksi dengan keluarga, teman guru, dan tetangga serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk hidup ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehar, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.    Kompetensi Dasar
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.3 Menunjukkan jenis dan persebaran Sumber Daya Alam serta manfaat dan
        perlunya menjaga sumber daya alam

C.    Indikator
1.3.1 mengelompokkan jenis-jenis sumber daya alam
1.3.2 menjelaskan tentang persebaran sumber daya alam di Indonesia
1.3.3 menjelaskan manfaat dan perlunya menjaga kelestarian sumber daya alam


D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengindentifikasi jenis-jenis sumber daya alam
2.      Siswa dapat mengetahui persebaran sumber daya alam di Indonesia
3.      Siswa dapat menjelaskan manfaat sumber daya alam.
4.      Siswa dapat menjelaskan perlunya menjaga kelestarian sumber daya alam.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), tanggung jawab (responsibility) dan ketelitian (carefulness).


E.    Materi Essensial
1.     Macam-Macam Sumber Daya Alam (SDA)
Sumber daya alam adalah semua kekayaan alam berupa benda mati atau makhluk hidup yang berada di bumi. Sumber daya alam di sekitar kita dapat antara lain sebagai berikut.
a.       Tanah dan segala yang dapat diusahakan di atas tanah. Misalnya, pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan.
b.      Bahan galian/tambang, yaitu bahan yang terdapat di dalam tanah. Misalnya: minyak bumi, batu bara, besi, tembaga, nikel, timah, dan lain-lain.
c.       Kekayaan alam yang ada di laut, sungai, dan danau. Misalnya, ikan, udang, mutiara, rumput laut, garam, dan lain-lain.
d.      Keindahan alam, misalnya pantai pasir putih, danau, lembah, gunung, air terjun, hutan, dan sebagainya.
            Berdasarkan sifatnya, SDA dikelompokkan menjadi dua, yaitu SDA yang dapat diperbarui dan SDA yang tidak dapat diperbarui.
1.      SDA yang dapat diperbarui adalah kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan terus-menerus karena dapat tersedia kembali.
Contohnya adalah tanah, udara, air, hutan, dan hewan.
2.      SDA yang tidak dapat diperbarui adalah kekayaan alam yang jumlahnya terbatas. SDA ini tidak dapat diproduksi lagi jika habis. Contohnya adalah bahan tambang. Ada tiga macam bahan tambang, yaitu mineral logam, mineral bukan logam, dan bahan tambang sumber tenaga.
2.     Persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia
            Kekayaan SDA kita tersebar di seluruh wilayah tanah air. Persebaran
SDA itu menunjang kegiatan ekonomi setempat. Misalnya Padi (beras) Daerah penghasil padi (beras) antara lain Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Nusa Tenggara Barat. Tembakau
Daerah penghasil tembakau ialah Sumatera Utara (Deli), Sumatera Barat (Payakumbuh), Bengkulu, Sumatera Selatan (Palembang), Jawa Tengah (Surakarta, Klaten, Dieng, Kedu, Temanggung, Parakan, Wonosobo), dan Jawa Timur (Bojonegoro, Besuki). Rotan dihasilkan dari daerah Kalimantan, Sumatera Barat, Sumatera Utara. Ternak sapi. Daerah penghasil ternak sapi adalah Sumatera (Aceh), Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat (Lombok dan Sumbawa).

3.     Memanfaatkan dan melestarikan Sumber Daya Alam
SDA yang tersedia dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan ekonomi. Misalnya, tanah digunakan untuk kegiatan pertanian, perkebunan, peternakan, dan industri. Air dimanfaatkan untuk kegiatan penangkapan dan budidaya ikan, pariwisata, pembangkit listrik, dan sarana transportasi.
SDA harus dimanfaatkan secara bijak. SDA dimanfaatkan untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Selain itu, SDA harus dijaga kelestariannya.


F.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan  : Pembelajaran Kooperatif (cooperative learning)
2.      Model           : Student Teams Achievement Division (STAD)
3.      Metode         : Ceramah, diskusi kelompok, tugas individu

G.   Sumber dan alat serta bahan
1.      Sumber :
a.       Buku Guru Kelas IV
b.      Buku IPS Siswa Kelas IV

2.      Alat dan Bahan
a.       Papan tulis
b.      Spidol
c.       Karton
d.      Polpen
e.       Gambar Sumber Daya Alam
f.       Lem


H.    Kegiatan Pembelajaran
Fase
Rincian Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan Awal
1.    Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
2.   Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
3.   Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
4.   Guru menyampaikan langkah kegiatan belajar dan pembagian kelompok sesuai dengan teknik pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)
20  menit
Kegiatan Inti
1.      Guru menyampaikan materi yang ingin dicapai yaitu :
a.       Guru menjelaskan materi tentang aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerah nya kepada siswa
b.      Guru menjelaskan materi tentang sumber daya alam yang ada di daerahnya
2.      Peserta didik dibagi dalam kelompok, setiap peserta didik dalam kelompok
3.      Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
4.      Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakan/mengetahui jawabannya
5.      Guru memanggil salah satu nomor peserta didik dan peserta didik yang nomornya dipanggil melaporkan hasil kerjasama diskusi kelompoknya
6.      Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain dan seterusnya
7.      Kesimpulan
 45 Menit
Penutup
1.      Guru melakukan Tanya jawab kepada siswa
2.      Dengan bimbingan guru siswa menyimpulkan pelajaran
3.      Guru melakukan evaluasi
4.      Guru menginformasikan tentang materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya
5.      Guru membimbing siswa untuk berdoa bersama
6.      Guru menutup pelajaran dan mengucapkan salam kemudian keluar kelas
15   menit

I.       Penilaian
Indikator pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam di daerah sekitar.
Ø Memprediksi kemungkinan yang akan terjadi bila sumber daya alam akan berubah, misalnya akibat dari penebangan hutan secara liar, pencemaran sungai dan kebakaran hutan.
Tugas individu dan kelompok.
Laporan



Uraian
Objektif
Ø  Jelaskan jenis-jenis sumber daya alam didaerah sekitar.
Ø  Jelaskan kemungkinan yang akan terjadi bila sumber daya alam akan berubah, misalnya akibat dari penebangan hutan secara liar,pencemaran sungai dan kebakaran hutan.
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
        Produk (hasil produksi)
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1
Konsep
         Semua benar
         Sebagian besar benar
         Sebagian kecil benar
         Semua salah
4
3
2
1
     


        Performasi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1



2



3
Pengetahuan



Praktek



sikap

         Pengetahuan
         Kadang- kadang pengetahuan
         Tidak pengetahuan

         Aktif praktek
         Kadang- kadang aktif
         Tidak aktif

         Sikap
         Kadang- kadag sikap
         Tidak sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
NO
NAMA SISWA
PERFORMAN
PRODUK
JUMLAH
SKOR
NILAI
PENGETA
HUAN
PRAKTEK
SIKAP
1
Ani






2
Budi






3
Andi






4
Sinta






5
Ayu











Palembang,                       2014
Mengetahui,
Guru Mata Ilmu Pengetahuan Sosial
Kepala Sekolah,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar