Minggu, 13 Desember 2015

RPP Bahasa Inggris



METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MI
Lesson Plan

DISUSUN OLEH :
MARGIANTI                                  (13270058)

                                                                               

DOSEN PENGAMPU :

NYAYU YAYU SURYANI, M.Pd.


FAKULTAS TARBIYAH
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH
PALEMBANG
2015

LESSON PLAN

School                                : SD N 1 PURWOSARI
Subject                               : English
Class/Semester                   : II/1
Time                                   : 1 x 30 minutes

I.            Standard Competence
Mendengarkan
·         Siswa diharapkan memahami tentang anggota keluarga
Berbicara
·         Siswa diharapkan mengungkapkan informasi tentang anggota keluarga
Membaca
·         Siswa diharapkan memahami tulisan bahasa Inggris dan mempunyai kemampuan membaca nyaring dan memahami arti tentang anggota keluarga
Menulis
·         Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris tentang anggota keluarga

II.         Based Competence
·         Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru yang berkenaan dengan nama-nama anggota keluarga
·         Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan yang melibatkan siswa: menanyakan dan memberi informasi tentang nama-nama anggota keluarga
·         Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang tepat tentang  anggota keluarga
·         Memahami tulisan dari nama-nama anggota keluarga secara tepat

III.      Indicator
·         Siswa dapat mengidentifikasi nama-nama anggota keluarga yang diperdengarkan
·         Siswa dapat melafalkan nama-nama anggota keluarga
·         Siswa dapat bertanya jawab tentang nama-nama anggota keluarga dengan pengucapan, lafal, dan intonasi yang tepat.
·         Siswa dapat menuliskan nama-nama anggota keluarga dengan ejaan yang tepat dan benar

IV.      Activities

Activities
Description Activities
Time
Pre-activities

1.      Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.      Guru meminta salah  seorang siswa  untuk memimpin doa.
3.      Guru melakukan apersasi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4.      Guru memberimotifasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat di pahami. Dan saat menjelaskan tidak hanya terfokuskan pada buku, tapi terhadap peserta didik juga, agar pelaksanan pembelajaran menjadi aktif dan efektif
5 Menit
Whilest activities

1.      Guru menyampaikan materi tentang anggota keluarga terhadap semua pesetra didik di dalam kelas
2.      Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
3.      Setiap ketua kelompok di panggil untuk maju kedepan menghadap guru
4.      Guru menjelaskan materi yang akan didiskusikan dan memberikan kertas sebagai bahan untuk diskusi setiap perkelompok
5.      Ketua kelompok kembali ke kelompok masing masing lalu menjelaskan kembali materi yang telah di jelaskan oleh guru (menjelaskan ulang) terhadap anggotanya masing masing (berdiskusi). Diberi waktu kurang lebih 10 menit.
6.      Kemudian masing masing diberikan lembar kerja (kertas kosong) untuk menulis pertanyaan apa yang menyangkut dari materi tersebut dan di sertai jawabannya, namun jawaban di tulis di kertas yang berbeda.
7.      Kemudian kertas pertanyaan di buat seperti bola lalu lemparkan dari satu siswa kesiswa yang lain.
8.      Setelah siswa telah mendapatkan bola pertanyaan, lalu guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang ditulis dalam kertas yang berbentuk bola tersebut.
9.      Kemudian siswa yang memiliki pertanyaan tersebut menjawab benar atau salah dari jawaban penerima.
10.  Setelah melakukan kegiatan pembelajaran, siswa mampu mengetahui secara garis besar dengan benar dari pembahasan materi.
11.  Guru memberikan penjelasan. Dan guru membenarkan jika ada pemahaman yang salah. Dan diberi kesimpulan bersama. Dari guru dan siswa.
12.  Selanjutnya Guru memberikan tugas untuk pertemuan yang akan datang tentang materi yang akan disampaikan pertemuan selanjutnya.
20 Menit
Post-activities

1.  Siswa bersama-sama guru membuat rangkuman atau simpulan dari kegiatan hari ini.
2.  Guru meminta seorang siswa memimpin doa.
3.  Guru mengucapkan salam dan meninggalkan kelas.
5 Menit

V.         Media
1.       Kertas origami
2.       Papan tulis dan spidol
3.       Karton
4.       Gambar anggota keluarga

VI.        Materi
FAMILY

Kakek                          : Grandfather                         
     Nenek                          : Grandmother            
     Ayah                           : Father                       
Ibu                               : Mother
Anak laki-laki              : Son
Anak perempuan         : Daughter
Paman                         : Uncle
Tante                           : Aunt                         
     Saudara laki-laki         : Brother
Saudara Perempuan    : Sister
Sepupu                        : Cousin
Cucu                            : Grand Child



Story about a FAMILY
My name is Boby, I have father and mother, father’s name is Robet, mother’s name is Isabela and I have grandfather and grandmother. Grandfather’s name is Robin and grandmother’s name is Maria. I have brother and sister. Brother’s name is Ruben and sister’s name is sella. We area big family.

VII.            Method
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab
3.      Diskusi
4.      Snowball Throwing


VIII.         Asessment
1.     Penilaian Sikap
No.
Sikap
Belum Terlihat
Mulai
Terlihat
Mulai
Berkembang
Membudaya
Ket.
1
Percaya Diri





2
Teliti





3
Santun





Catatan : centang (√ ) pada bagian yang memenuhi kriteria







Lembar penilaian sikap
No.
NAMA
Sikap
Ket.
1
2
3
1





2





3





4





5





Ket :
1 = Percaya Diri                       BT = Belum Terlihat
2 = Teliti                                   MT = Mulai Terlihat
3 = Santun                                MB = Mulai Berkembang
                                                 M = Membudaya


2.      Penilaian Pengetahuan
Penilaian mengajukan pertanyaan dengan daftar periksa
No.
Kriteria
Tercapai
Ya (√)
Tidak (√)
1.
Mampu mengajukan pertanyaan


2.
Mampu menjawab pertanyaan teman








Hasil penilaian mengajukan pertanyaan dengan daftar periksa
No.
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Tercapai
(√)
Belum
Tercapai
(√)
Terlihat
(√)
Belum
Tercapai
(√)
1.
Anisa




2.
Bayu  




3.
Beni




4.
Udin




5.
Dan seterusnya






3.      Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus sekali
Cukup
Berlatih kembali
Mendengar
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
Mendengarkan teman yang berbicara namun
sesekali masih perlu
diingatkan.
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, ekspresi
wajah, suara)
Merespons dan
menerapkan komunikasi non verbal dengan
tepat.
Merespons dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang
ditunjukkan teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi non verbal
yang ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi gagasan
menginspirasi teman. Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat diskusi.
Merespons sesuai
dengan topik
Merespons sesuai
dengan topik.
Isi gagasan kurang
Menginspirasi teman
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung.

Keruntutan
Berbicara
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal hingga akhir.
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten.
Masih perlu berlatih untuk berbicara secara runtut.

Catatan : Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : total nilai : 12 X 10
Contoh : 2+3+1+2: 12x10=6,7

1 komentar:

  1. If you're looking to lose fat then you absolutely need to start using this brand new personalized keto diet.

    To create this keto diet, certified nutritionists, fitness couches, and cooks united to develop keto meal plans that are efficient, suitable, economically-efficient, and fun.

    Since their grand opening in early 2019, 1000's of clients have already transformed their figure and health with the benefits a certified keto diet can offer.

    Speaking of benefits; in this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones given by the keto diet.

    BalasHapus