METODOLOGI
PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MI
“Lesson Plan”

DISUSUN OLEH :
MARGIANTI (13270058)
DOSEN PENGAMPU :
NYAYU YAYU SURYANI, M.Pd.
FAKULTAS TARBIYAH
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH
PALEMBANG
LESSON PLAN
School : SD N 1 PURWOSARI
Subject : English
Class/Semester : II/1
Time : 1 x 30 minutes
I.
Standard Competence
Mendengarkan
·
Siswa diharapkan memahami tentang anggota keluarga
Berbicara
·
Siswa diharapkan mengungkapkan informasi tentang anggota keluarga
Membaca
·
Siswa diharapkan memahami tulisan bahasa Inggris dan mempunyai kemampuan membaca nyaring dan memahami arti tentang
anggota keluarga
Menulis
·
Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris tentang anggota keluarga
II.
Based Competence
·
Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru yang berkenaan dengan
nama-nama anggota keluarga
·
Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan yang melibatkan siswa: menanyakan dan
memberi informasi tentang nama-nama anggota keluarga
·
Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang tepat tentang anggota keluarga
·
Memahami tulisan dari nama-nama anggota keluarga secara tepat
III.
Indicator
·
Siswa dapat mengidentifikasi nama-nama anggota keluarga yang diperdengarkan
·
Siswa dapat melafalkan nama-nama anggota keluarga
·
Siswa dapat bertanya jawab tentang nama-nama anggota keluarga dengan pengucapan,
lafal, dan intonasi yang tepat.
·
Siswa dapat menuliskan nama-nama anggota keluarga dengan ejaan yang
tepat dan benar
IV.
Activities
|
Activities
|
Description Activities
|
Time
|
|
Pre-activities
|
1.
Guru membuka pelajaran
dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.
Guru meminta salah seorang
siswa untuk memimpin do’a.
3.
Guru melakukan apersasi sebagai awal komunikasi guru sebelum
melaksanakan pembelajaran inti.
4.
Guru memberimotifasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan
dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut
dengan bahasa yang sederhana dan dapat di pahami. Dan saat menjelaskan tidak
hanya terfokuskan pada buku, tapi terhadap peserta didik juga, agar
pelaksanan pembelajaran menjadi aktif dan efektif
|
5
Menit
|
|
Whilest activities
|
1.
Guru
menyampaikan materi tentang anggota keluarga terhadap semua pesetra didik di
dalam kelas
2.
Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok
3.
Setiap
ketua kelompok di panggil untuk maju kedepan menghadap guru
4.
Guru
menjelaskan materi yang akan didiskusikan dan memberikan kertas sebagai bahan
untuk diskusi setiap perkelompok
5.
Ketua
kelompok kembali ke kelompok masing masing lalu menjelaskan kembali materi
yang telah di jelaskan oleh guru (menjelaskan ulang) terhadap anggotanya
masing masing (berdiskusi). Diberi waktu kurang lebih 10 menit.
6.
Kemudian
masing masing diberikan lembar kerja (kertas kosong) untuk menulis pertanyaan
apa yang menyangkut dari materi tersebut dan di sertai jawabannya, namun
jawaban di tulis di kertas yang berbeda.
7.
Kemudian
kertas pertanyaan di buat seperti bola lalu lemparkan dari satu siswa kesiswa
yang lain.
8.
Setelah
siswa telah mendapatkan bola pertanyaan, lalu guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang ditulis dalam kertas yang
berbentuk bola tersebut.
9.
Kemudian
siswa yang memiliki pertanyaan tersebut menjawab benar atau salah dari
jawaban penerima.
10.
Setelah melakukan kegiatan
pembelajaran, siswa mampu mengetahui secara garis besar dengan benar dari
pembahasan materi.
11.
Guru memberikan penjelasan. Dan guru membenarkan jika ada
pemahaman yang salah. Dan diberi kesimpulan bersama. Dari guru dan siswa.
12.
Selanjutnya Guru memberikan tugas untuk
pertemuan yang akan datang tentang materi yang akan disampaikan pertemuan
selanjutnya.
|
20
Menit
|
|
Post-activities
|
1.
Siswa bersama-sama guru membuat rangkuman atau simpulan dari
kegiatan hari ini.
2.
Guru meminta seorang siswa memimpin doa.
3.
Guru mengucapkan salam dan meninggalkan kelas.
|
5
Menit
|
V.
Media
1. Kertas origami
2. Papan tulis dan
spidol
3. Karton
4. Gambar anggota keluarga
VI.
Materi
FAMILY
Kakek :
Grandfather
Nenek : Grandmother
Ayah : Father
Ibu :
Mother
Anak laki-laki : Son
Anak perempuan : Daughter
Paman : Uncle
Tante : Aunt
Saudara laki-laki : Brother
Saudara Perempuan : Sister
Sepupu : Cousin
Cucu :
Grand Child
Story about a FAMILY
My name is Boby, I have father and mother,
father’s name is Robet, mother’s name is Isabela and I have grandfather and
grandmother. Grandfather’s name is Robin and grandmother’s name is Maria. I
have brother and sister. Brother’s name is Ruben and sister’s name is sella. We
area big family.
VII.
Method
1.
Ceramah
2.
Tanya Jawab
3.
Diskusi
4.
Snowball Throwing
VIII.
Asessment
1. Penilaian Sikap
|
No.
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai
Terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
Ket.
|
|
1
|
Percaya Diri
|
|||||
|
2
|
Teliti
|
|||||
|
3
|
Santun
|
Catatan : centang (√ ) pada
bagian yang memenuhi kriteria
Lembar penilaian
sikap
|
No.
|
NAMA
|
Sikap
|
Ket.
|
||
|
1
|
2
|
3
|
|||
|
1
|
|||||
|
2
|
|||||
|
3
|
|||||
|
4
|
|||||
|
5
|
|||||
Ket :
1 = Percaya Diri BT
= Belum Terlihat
2 = Teliti MT
= Mulai Terlihat
3 = Santun MB
= Mulai Berkembang
M
= Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
Penilaian
mengajukan pertanyaan dengan daftar periksa
|
No.
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
|
Ya (√)
|
Tidak (√)
|
||
|
1.
|
Mampu
mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
2.
|
Mampu
menjawab pertanyaan teman
|
|
|
Hasil penilaian
mengajukan pertanyaan dengan daftar periksa
|
No.
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
|
Tercapai
(√)
|
Belum
Tercapai
(√)
|
Terlihat
(√)
|
Belum
Tercapai
(√)
|
||
|
1.
|
Anisa
|
|
|
|
|
|
2.
|
Bayu
|
|
|
|
|
|
3.
|
Beni
|
|
|
|
|
|
4.
|
Udin
|
|
|
|
|
|
5.
|
Dan
seterusnya
|
|
|
|
|
3. Rubrik Diskusi
|
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Cukup
|
Berlatih kembali
|
|
Mendengar
|
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
|
Mendengarkan
teman yang berbicara namun
sesekali
masih perlu
diingatkan.
|
Masih perlu
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
|
|
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, ekspresi
wajah, suara)
|
Merespons dan
menerapkan
komunikasi non verbal dengan
tepat.
|
Merespons
dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang
ditunjukkan
teman.
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non verbal
yang
ditunjukkan
teman.
|
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Isi gagasan
menginspirasi
teman. Selalu mendukung dan
memimpin
lainnya saat diskusi.
Merespons
sesuai
dengan topik
|
Merespons
sesuai
dengan topik.
Isi gagasan
kurang
Menginspirasi
teman
|
Jarang
berbicara
selama proses
diskusi
berlangsung.
|
|
Keruntutan
Berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya
secara
runtut dari
awal hingga akhir.
|
Menyampaikan
pendapatnya
secara
runtut,
tetapi belum
konsisten.
|
Masih perlu
berlatih untuk berbicara secara runtut.
|
Catatan : Centang (√) pada bagian
yang memenuhi kriteria.
Penilaian :
total nilai : 12 X 10
Contoh :
2+3+1+2: 12x10=6,7
If you're looking to lose fat then you absolutely need to start using this brand new personalized keto diet.
BalasHapusTo create this keto diet, certified nutritionists, fitness couches, and cooks united to develop keto meal plans that are efficient, suitable, economically-efficient, and fun.
Since their grand opening in early 2019, 1000's of clients have already transformed their figure and health with the benefits a certified keto diet can offer.
Speaking of benefits; in this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones given by the keto diet.